Senin, 17 November 2008

Starter diet tips

Diet #101

Oke, sekarang lo udah mutusin buat diet..terus gimana?

Misalnya ngejalanin 3 day diet pun, itu kan cuma 3 hari..selanjutnya gimana?

Well guys, emang ada beberapa kebiasaan kita yang mesti dirubah kalo seandainya yang kita pengenin adalah penurunan berat badan yang permanen..

Apa aja yang kira2 mesti kita lakuin?

I'll give u examples..

  1. NEVER SKIP BREAKFAST!!

Percaya deh, yang namanya sarapan itu adalah the most important meal!! Saat sarapan, adalah saat badan kita loading setelah semaleman ga diisi makanan. Kalo kita ga sarapan, tubuh akan menyalakan starvation mode-nya dan metabolisme kita akan berjalan lebih lambat..Artinya?? timbunan lemaknya bukan dipake yang ada malah makiiiin numpuukk..

Bahaya lain ga sarapan adalah, saat makan siang perut kita bakal ngejerit2 kelaperan dan akhirnya kita bakal makan sambil kalap yang akhirnya jumlah kalori yang kita makan cuma buat makan siang aja lebih banyak daripada kita gabung kalori yang kita makan kalo kita sarapan+makan siang..

Riset juga membuktikan kalo orang yang ga sarapan akan mengasup kalori harian rata2 500 kalori lebih banyak daripada yang makan minimal 3x sehari..

WoW! Masih mau ngelewatin sarapan gara2 takut gemuk?? Salah banget tuuh!!

  1. DRINK A LOT OF WATER

Sebenernya, masih belum ada riset yang bener2 ngebuktiin kalo banyak minum air putih bisa nurunin berat badan..

Tapiii, kata para ahli kalo kita kurang minum, badan bakal tetep mempertahankan air dalam tubuh supaya kita ga dehidrasi..akibatnya, badan kita mengalami retensi air..yang biasa disebut “water weight”..

Akibatnya,badan kita terlihat lebih menggelembung.. ga compact gitu.. ga mau kan??

Yah, sekedar minum air putih ga rugi kan,selain mencegah retensi air, minum air putih juga merupakan metode detoksifikasi alami yang paling praktis!

  1. CUT OFF YOUR SUGAR INTAKE

Starbucks addict?

Apapun makanannya minumnya tetep Teh Botol Sosro?

Always Coca Cola?

Hmm.. prepare to say good bye to them..

Emang sih, ada beberapa metode diet yang ga ngelarang kita makan atau minum minuman manis..

Tapi, secara umum konsumsi gula yang berlebihan bakal disimpan jadi lemak dalam tubuh oleh insulin..

Percaya atau ngga, menghilangkan kebiasaan minum Coca Cola minimal 1 botol sehari dalam satu taun akan menurunkan berat badan kita sampai 8 kg, walaupun ga dibarengi diet ketat..

Hmm, worth to try kan?

Inget lho,gula ga cuma ada di makanan/minuman kaleng tapi kita juga mesti ngurangin gula di kopi,teh manis, atau sirup yang kita bikin sendiri..kalo ga bisa banget ga minum manis coba sesekali ganti pake tropicana slim atau equal..

  1. AVOID PROCESSED FOOD

Inget ga gimana semerbaknya aroma J.CO, Bread Talk atau Rotiboy setiap kita baruuuu aja masuk pintu mall..

bayangin gimana air liur kita rasanya ampir netes (apalagi kalo lagi laper) cuma nyium baunya dari kejauhan..

Well, sayangnya.. makana olahan kaya gitu yang paling bahaya buat kita yang lagi diet..

Why?

Makanan2 itu terbuat dari tepung olahan yang begitu masuk ke tubuh akan segera diubah jadi gula dengan proses pencernaan yang sangat sederhana.. malah ampir bisa dibilang, makan donat J.CO sama aja efeknya buat tubuh kita sama kita ngemil gula pasir.. Wow..

selain itu,kalori yang dikandungnya juga tinggi.. 1 buah donat J.CO mengandung kalori sekitar 300 kalori yang sama dengan kita treadmill ato naik sepeda statis selama 30 menit ngebut!

Masalahnya lagi, makan makanan olahan kaya gitu ga pernah cukup 1!!

Hmm.. gimana? Siap ga makan J.CO atau Bread Talk dulu?

Don't worry, u still can eat them at the weekend.. tapi inget..jangan sampe kebablasan!!

Makanan olahan lain yang bahaya buat diet adalah makanan2 yang dibuat sama tepung putih atau beras putih.. Misalnya mie, roti putih (usahain cari roti yang whole wheat), nasi putih (kalo bisa cari aja beras merah, banyak ko di supermarket), dan karbohidrat lain yang berwarna putih.. atau biasa kita sebut white foods.Snack, dan biskuit di supermarket juga termasuk lho..

  1. EAT MORE OFTEN IN SMALLER PORTIONS

Lho, ko disuruh makan lebih sering?

Menurut Jorge Cruise, penemu 3 hour diet (atau makan tiap 3 jam sekali), makan lebih sering dengan porsi kecil bisa ningkatin metabolisme kita dan bikin perut kita lebih kecil!

Asyik kan? Dengan begini kita ga bakalan kelaperan seharian tapi tetep bisa kurus..

Tapi inget, porsinya tetep mesti kita kontrol..Misalnya:

 6:00   sarapan setangkup roti gandum+lowfat cheese+segelas      low  fat milk

 9:00   ngemil 1 buah apel

12:00   makan siang biasa aja tapi kalo bisa setengah dari        porsi biasa

15:00   ngemil buah lagi atau yoghurt

18:00   makan malem setengah porsi

21:00   sebelum tidur kita bisa minum susu low fat 1 gelas,      atau kalo laper bisa tambah buah atau 1 slice roti        gandum..

Gampang kan?

Naah.. cobain deh 5 tips ini for starter.. nanti kita lanjutin lagi dengan tips2 dan metode diet yang lain..

Keep reading yaa!!xoxo :)

2 komentar:

adinda mengatakan...

mengenai never skip breakfast...saya sanggah...itu semua tergantung dr kalori yg kt butuhkan dlm 1 hari dan tiap org berbeda2..semisal lu makan 1 lusin donat di pagi hari...dan tdk ada makan sampai pagi berikutnya,,saya jamin itu lu emg kelaparan akan ttp dr sisi kebutuhan kalori ...dan ampe pagi nya lu ttp akan menimbun lemak krn ud over kalori kcuali lu buruh kuli bangunan maka 1 lusin jco tdk akan berpengaruh ..sampai d sini faham ya...itu semua ada di mindset kt..jgn mentang2 perut keroncongan trus mau makan aja..lihat2 dlu kalori nya dan apakah ssuai dgn kegiatan yg kt lakukan dlm 1 hari.,,so calculate first then eat ..

Hayyu Ra Soetrisno mengatakan...

Hahaha... Betul banget . . .setuju